Berat badan lahir rendah terhadap kematian bayi

Manuaba menjelaskan bahwa banyak faktor penyebab terjadinya BBLR diantaranya faktor ibu umur, umur kehamilan, peritas, status anemia, penyakit penyerta, sebab lainfaktor janin hidramnion, kehamilan ganda, dan kelainan kromosomdan faktor lingkungan tinggal di daerah tinggi radiasi dan beracun.

Jarak kelahiran renggang pada penelitian ini jika rentang waktu antara satu kelahiran dengan kelahiran berikutnya minimal 2 tahun.

BBLR yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan aspirasi mekonium, asfiksia neonatorumgangguan pada sistem pencernaan lambung kecilgangguan sistem perkemihan ginjal belum sempurnagangguan sistem persyarafan respon rangsangan lambat.

Faktor Lingkungan Eksternal Yaitu meliputi kondisi lingkungan, asupan zat gizi dan tingkat sosial ekonomi ibuhamil.

Recent Posts

Bidan dan perawat adalah bagian dari pemberi pelayanan yang ikut berperan penting dalam memberikan perawatan pada bayi dengan berat lahir rendah BBLR. Faktor janin. Metode kanguru adalah perawatan bayi baru lahir seperti bayi kanguru dalam kantung ibunya. Datta, Hasil perolehan data dari Rumah Sakit Urip Sumoharjo diketahui bahwa pada tahun jumlah kunjungan ibu hamil yang memeriksakan kehamilan dan melakukan persalinan dengan berat badan bayi normal diatas 2.

Pemeriksaan Analisa gas darah.

Bayi Berat Lahir Rendah ( Bblr )

Dahulu neonatus dengan berat badan kurang atau sama dengan 2. Peningkatan Mutu. Hubungi dokter atau bawa ke rumah sakit bila terdapat tanda kurang baik, misalnya: Apa yang mesti Anda lakukan? Ini merupakan salah satu faktor penyebab kelemahan dan kematian ibu serta bayi yang dilahirkan.

Berikan cairan intravena hanya selama 24 jam pertama Mulai berikan minum per oral pada hari ke-2 segera setelah bayi stabil. Selain dari waktu yang telah ditentukan di atas ibu harus memeriksakan diri apabila terdapat keluhan lain yang merupakan kelainan yang ditemukan.

Hiperbilirubinemia, karena fungsi hati belum matang.

Cara Merawat Bayi Dengan Berat Lahir Rendah (BBLR)

Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hiperbilirubinemia dapat menyebabkan kenikterus maka warna bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa,bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat.

Anemia pada ibu hamil akan menambah risiko mendapatkan bayi berat lahirrendah BBLRrisiko perdarahan sebelum dan pada saat persalinan, bahkan dapatmenyebabkan kematian ibu dan bayinya, jika ibu hamil tersebut menderita anemia berat Depkes RI, Hidramnion harus dianggap sebagai kehamilan dengan risiko tinggi karena dapat membahayakan ibu dan anak.

Infeksi saluran kemih dengan bakteriuria tanpa gejala asimptomatik 3. Anjurkan pemberian ASI apabila ibu ada dan bayi menunjukkan tanda-tanda siap untuk menyusu c Apabila masalah sakitnya menghalangi proses menyusui contoh; gangguan nafas, kejangberikan ASI peras melalui pipa lambung: Berat badan lahir sangat menentukan prognosa dan komplikasi yang terjadi.

Dimana pola penyakit di Negara berkembang juga pernah dialami oleh kelompok Negara maju tahun yang lalu. Salah satu aspek pembangunan kesehatan adalah kesehatan reproduksi yang merupakan bagian penting dari program kesehatan dan merupakan titik pusat Sumber Daya Manusia SDM mengingat pengaruhnya terhadap setiap orang dan mencakup banyak aspek kehidupan sejak dalam kandungan sampai pada kematian.

Faktor ekonomi dan sosial meliputi jenis pekerjaan, tingkat pendidikan danpengetahuan ibu hamil. Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hiperbilirubinemia dapat menyebabkan kenikterus maka warna bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa, bila ikterus muncul dini atau lebih cepat bertambah coklat.

Patofisiologi Secara umum bayi BBLR ini berhubungan dengan usia kehamilan yang belum cukup bulan prematur disamping itu juga disebabkan dismaturitas. Semua bayi prematur menjadi ikterus karena enzim hatinya belum matur dan bilirubin tak berkonjugasi, tidak dikonjugasikan secara efisien sampai hari berlalu.

Asma bronkiale 2. Pemberian minum bayi berat lahir rendah BBLR menurut berat badan lahir dan keadaan bayi adalah sebagai berikut Berat lahir gram 1 Bayi sehat a Biarkan bayi menyusu pada ibu semau bayi. Apa penyebab etiologi dari BBLR 4.

HUBUNGAN ANTARA PREEKLAMPSIA DENGAN KEJADIAN BERAT BAYI LAHIR RENDAH PADA IBU BERSALIN

Keadaan Gizi dan Kesehatan Ibu Hamil. Karena sistem kekebalan tubuh bayi BBLR belum matang.

BERAT BAYI LAHIR RENDAH (BBLR)

Gangguan tumbuh kembang Tingginya angka ibu hamil yang mengalami kurang gizi, seiring dengan hidup resiko tinggi untuk melahirkan bayi BBLR dibandingkan ibu hamil yang tidak menderita kekurangan gizi.Bayi yang lahir dengan berat lahir rendah (BBLR) memerlukan perawatan yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakan bayi seperti yang telah disebutkan diatas.

Bidan dan perawat adalah bagian dari pemberi pelayanan yang ikut berperan penting dalam memberikan perawatan pada bayi dengan berat lahir rendah (BBLR). Bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu faktor risiko yang mempunyai kontribusi terhadap kematian bayi khususnya pada masa perinatal yaitu masa dimana anak mencapai masa dua minggu setelah laurallongley.com: Skripsikesehatanmasyarakat.

Bayi lahir dengan bayi berat lahir rendah (BBLR) merupakan salah satu factor resiko yang mempunyai kontribusi terhadap kematian bayi khususnya pada masa perinatal. Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik pada usia tumbuh kembang selanjutnya, sehingga membutahkan biaya perawatan yang tinggi.

Berdasarkan kurva pertumbuhan intrauterin dari Lubchenko, maka kebanyakan bayi prematur akan dilahirkan dengan berat badan yang rendah (BBLR), BBLR dibedakan atas Berat Lahir Sangat Rendah (BLSR), yaitu bila berat bayi lahir Berat Lahir Amat Sangat Rendah (BLASR), yaitu bila berat bayi lahir Author: Jonggo News.

Penyebab tersebut antara lain karena gangguan perinatal dan bayi dengan berat badan lahir rendah. Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan prematur merupakan penyebab kematian neonatal yang tinggi yaitu sebesar 30,3%.2 Neonatal dengan BBLR beresiko mengalami kematian 6,5 kali lebih besar daripada bayi yang lahir dengan berat badan normal.3 Disamping.

Bayi anda lahir dengan berat badan yang kurang normal seperti kurus, anda patut waspada apakah sudah cukup asupan gizi yang anda berikan untuk anak anda seperti asi. Berat badan lahir rendah atau sering disebut dengan (BBLR) apabila kasus ini terjadi.

Persentase Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR)
Berat badan lahir rendah terhadap kematian bayi
Rated 4/5 based on 82 review